• info@rajarentalmedan.com

The Best Rent Car in Medan

Blog

Apa yang harus anda lakukan saat ban pecah

Ban pecah merupakan salah satu musibah besar saat berkendara. Ditambah lagi, pengetahuan pengendara mobil yang kurang dapat mengakibatkan kecelakaan yang dapat berujung fatal.

Maka dari itu, inilah langkah langkah yang harus anda lakukan untuk mengatasi ban pecah.

Jangan Panik

Tanpa dipungkiri bahkan dengan pencegahan secara komplit pun, musibah dapat datang secara tiba-tiba. Jika ban sudah pecah dijalan, penting sekali untuk anda tidak panik. Pada dasarnya, walau ban dalam kondisi pecah, sebisa mungkin kita harus mengemudikan ban tanpa rem mendadak untuk menghindari keadaan dimana mobil bisa tidak terkendali. Konsep ini didukung oleh ilmu fisika, momentum, dimana jika rem mendadak dilakukan, berat mobil dan usahanya (force) akan pindah ke depan dan mobil akan seperti ‘menarik’ dirinya ke arah ban yang pecah secara kencang dan bisa berujung mobil terbalik.

Kendalikan kemudi

Setelah anda sudah tidak panik, kendalikan lah kemudi dan kurangi kecepatan. Jika ban depan yang pecah, anda akan merasakan penarikan ke arah ban pecah yang sangat kuat. Penting sekali untuk menahan arah kemudi secara lurus untuk mengimbangi tarikan tersebut. Lalu secara perlahan, kurangi kecepatan dan manuver secara perlahan ke pinggir kiri jalan dengan kontrol kemudi yang kokoh. Nyalakanlah lampu hazard untuk memberi tahu adanya masalah di mobil anda untuk mobil dibelakang selama anda bermanuver.

Pinggirkan kendaraan dan pasang rambu

Sesudahnya sampai dipinggir, pantau kondisi dan pastikan anda sebisa mungkin tidak mengganggu jalan. Pasang lah segitiga pengaman dan tetaplah menyalakan lampu hazard. Segera lakukan penggantian ban bocor dengan ban cadangan mobil anda. Untuk tips penggantian ban, tungguin yah dari kami.

Pergi ke bengkel terdekat

Sesudah bergantinya ban cadangan, penting sekali untuk segera pergi ke bengkel terdekat. Ini dilakukan karena ban cadangan ada dua kategori besar, matching dan non-matching yang bisa dalam bentuk full size (sama besar) atau space saver (lebih kecil). Namun walau ada dua kategori terpisah, dua-duanya butuh untuk mampir ke bengkel. Ini dikarenakan untuk ban cadangan yang matching, anda harus mempersiapkan ban baru untuk cadangan baru anda. Selainnya, untuk ban space saver, tidak bisa dianggap ban utuh maka dari itu tidak boleh dipakai dalam jangka yang lama dikarenakan sifatnya hanya sementara.

Pencegahan bukan reaksi

Untuk mengatasi terjadinya musibah pecah ban secara komplit, lebih baik menggunakan metode pencegahan atau preventif. Dengan mengenali indikasi ban anda yang dapat muncul seperti, retak halus di permukaan ban, benjolan pada dinding samping ban, anda dapat melakukan kegiatan preventif agar musibah pecah ban bisa diatasi jauh sebelum terjadi. Lakukanlah pengecekan secara rutin dan servis kecil berkala untuk kendaraan anda seperti pengisian angin dan rotasi ban agar terus menjaga keamanan dan kenyamanan anda saat berkendara.

Sekian tips dari kami untuk anda mengenai musibah ban pecah. Jika anda mencari bengkel ternama, terpercaya, dan tentunya siap untuk memenuhi kebutuhan anda, silahkan hubungi bengkel kami yang sudah tersebar di Jakarta dan Tangerang.

Wheely, your one stop solution for automotive needs!

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *